MANUAL BREWING V60 COMPETITION

AH4A7148
AH4A7173

AH4A7167

 

Manual Brewing V60 Competition merupakan kompetisi fun battle yang diselenggarakan sebagai salah satu serangkaian acara Gelar Cipta Boga (GCB) Universitas Negeri Malang 2018 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang pada tanggal 7 April 2018 mulai pukul 09.00 WIB. Kompetisi ini dibagi menjadi dua, yaitu kompetisi babak penyisihan dan final. Babak penyisihan, berlangsung di Teaching Catering Service (TCS) atau Teaching Resto (TR) yang teletak tepat di Jalan Veteran No. 14 Sumbersari, Malang (sebelah SMAN 8) tanggal 4 April 2018, mulai pukul 09.00 WIB.

Kompetisi kopi ini tidak disangka-sangka banyak peminatnya, meskipun panitia mengandalkan media online untuk pendaftaran se-Indonesia, ditambah penyebaran pamphlet untuk area Malang. Antusiasme masyarakat pencinta kopi, khususnya Barista di Coffee Shop membludak seminggu sebelum penutupan pendaftaran lomba, akhirnya panitia membatasi jumlah peserta yang dapat mengikuti kompetisi hanya sebanyak 64 orang dengan syarat usia pendaftar adalah 18 tahun ke atas. Peserta dari Jawa Timur berasal dari Surabaya, Tulungagung, Lumajang, Bondowoso, dan tentunya Malang. Babak penyisihan ini menghasilkan 8 peserta yang berhak mengikuti babak final,.

Peserta diwajibkan menggunakan air mineral yang ditunjuk panitia dan biji kopi jenis Arabica dengan nama Flores Manggarai dengan proses pasca panen Fullwashed. Bahan wajib ini pun berasal dari panitia. Peserta diberikan waktu masing-masing 5 (lima) menit untuk prepare dan penyeduhan coffee, dimulai dari panitia mengatakan time atau start. Sebelum peserta melakukan penyeduhan coffee, peserta diwajibkan melakukan prepare dibawah panggung (penggrinderan bean coffee dan proses pembasahan paper V60. Ketika peserta menyeduh sudah selesai, sedangkan peserta prepare belum selesai pada saat waktu yang diberikan sudah habis maka akan didiskualifikasi. Hasil seduhan harus mencapai 150 ml pada “Coffee Glass“, karena bila kurang akan didiskualifikasi.

Pada acara final di Gelar Cipta Boga (GCB) 2018 panitia sudah menggandeng sponsor kopi dan juri yang tidak main-main, antara lain Beryl Coffee sebagai sponsor utama biji kopi, dan sponsor lainya yaitu Nusantara Coffee and Roaster, Houdvan Coffee CO, TOFFIN, dan Hario. Sedangkan untuk jurinya, panitia menggandeng empat juri, yaitu Pak Iwan Trainer Barista dari Ini Kopi, Pak Bayu owner dari Vans Coffee, Pak Nugroho dari Apresio Coffee, dan Pak Benny dari Handle Bar. Dari keempat juri ini, dua diantarnya merupakan juri nasional untuk lomba kopi, yaitu Pak Iwan dan Pak Bayu.

Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P, Dosen Fakultas Teknik penulis buku “Hygiene Sanitasi Makanan” ini, menambahkan “Acara ini adalah rangkaian dari Gelar Cipta Boga yang merupakan acara rutin tahunan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Tataboga S1 maupun D3. Tahun ini temanya Cipta Ragam Olahan Serealia dan Umbi-umbian.”

Delapan peserta yang lolos menuju babak final di Graha Cakrawala adalah Erwin Nur Anugraha (Malang), Christian Effendy Putra (Surabaya), Achmad Wildan Faris (Malang), Fachmi Bagus Satriyo (Malang), Stefanus Wahyu Antoni (Malang), Erisa Nindyaningdyah (Malang), Dendy Maulana (Malang) dan Hengki Setiawan  (Malang).

Penulis: Diana Martalia – Mahasiswa Tataboga UM/Joko Wibowo – Humas

Editor: Ony Herdianto – Humas