Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Power and Energy Systems Competition

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Grand Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Power and Energy Systems Competition (LKTIN PESC) tahun 2016. Kegiatan yang dilaksanakan pada 20 – 21 Agustus 2016 ini merupakan bagian dari penjaringan pemikiran dan inovasi unggul dari kalangan generasi muda di Indonesia di bidang Power and Energy Systems tingkat nasional untuk SMA/SMK/MA sederajat.

Kegiatan lomba ini dapat menjadi wadah bagi inovasi baru yang ditemukan, agar dapat memberikan dampak luas kepada masyarakat dalam terciptanya kemandirian energi melalui percepatan proses penemuan ide dan solusi teknologi.

LKTI PESC ini diikuti oleh 101 tim yang berasal dari SMA/SMK/MA berbagai propinsi di Indonesia. Sulawesi Selatan diwakili 3 Tim, Kalimantan Timur 2 Tim, Sumatera Selatan 13 Tim, Sumatera Barat 1 Tim, Sumatera Utara 2 Tim, Kepulauan Bangka Belitung  1 Tim. Propinsi lain yang juga turut berpatisipasi antara lain Bali dengan 4 Tim, Jawa Timur diwakili 57 Tim, Jawa Tengan 9 Tim, Jawa Barat 4 Tim, DKI Jakarta 1 Tim, dan DI. Yogyakarta 4 Tim.

Bertempat di Aula Perpustakaan UM 20 tim yang sebelumnya telah terseleksi dari 101 tim yang mendaftar mengikuti pembukaan grand final lomba bergengsi ini. Sebelum dihelat pembukaan grand final ini seluruh tim telah mengikuti berbagai tahapan seleksi. Peserta yang lolos pada seleksi abstrak tahap 1 berjumlah 73 Tim, seleksi full paper tahap 2 dari 73 orang lolos 20 tim. Seluruh Tim yang berhasil masuk dalam Grand Final LKTI akan melakukan presentasi publik terhadap karya tulis yang disusunnya.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik UM, Prof. Dr. Marji, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba yang diadakan ini merupakan sebuah ajang bergengsi yang membanggakan bagi semua pihak.

“Power and Energy Systems merupakan suatu masalah yang penting di negara berkembang. Karena power system tersebut adalah bagaimana menciptakan suatu energi yang terbarukan. Energi murni dari alam yang dapat terus menerus kita gali dan hasilkan serta ramah bagi lingkungan sekitar”ujarnya.

“Saya berharap pemenang dari ajang lomba karya tulis ilmiah ini mendapatkan kesempatan dan kemudahan untuk masuk menajadi mahasiswa UM setelah lulus nanti. Prestasi yang membanggakan tersebut semoga dapat juga dibawa saat melanjutkan studi di UM. Rekomendasi dari para juri dapat menjadi pertimbangan untuk akses menjadi mahasiswa baru UM. Prestasi yang adik-adik ukir saat ini jangan sampai berhenti disini. Dimanapun adik-adik melanjutkan studi harus tetap terus berprestasi,”harapnya.

Sumber: http://www.um.ac.id/