Universitas Negeri Malang menerima mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Masukan Non-SLTA Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ) pada Semester Genap 2019/2020 melalui jalur ujian tulis/wawancara.

PERSYARATAN

  1. Persyaratan Seleksi
    • Lulus Diploma III Kependidikan/ Non-Kependidikan, Sarjana Non-Kependidikan (program studi terakreditasi minimal B) untuk masuk Program Sarjana (S1) Kependidikan.
    • Lulus Diploma III Non-Kependidikan (program studi terakreditasi minimal B) untuk masuk Program Sarjana (S1) Non-Kependidikan.
    • Pendaftar sudah terdaftar pada Pangkalan PDDikti dengan status lulus.
    • Mendapat ijin/tugas belajar dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah/Dinas Pendidikan/Instansi/Perusahaan) bagi yang sudah bekerja.
  2. Persyaratan Penerimaan
    Lulus ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri masukan non-  SLTA Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ).

DAFTAR PROGRAM STUDI

  1. Setiap peserta hanya dapat memilih satu program studi.
  2. Program studi yang dipilih relevan/sama dengan program studi pada ijazah sebelumnya.
  3. Daftar Nama dan Kode Program Studi

PENDAFTARAN

  1. Tata Cara Pendaftaran
  2. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) dibayarkan melalui bank BRI/BNI/BTN/Mandiri/Cimb Niaga online.
  4. Pendaftaran online dilakukan mulai tanggal 25 November 2019 pukul 15.00 WIB dan berakhir tanggal 10 Desember 2019 pukul 15.00 WIB.
    • Calon peserta membayar biaya PENDAFTARAN SPAJ UM mulai tanggal 25 November 2019 dengan cara memasukkan salah satu nomor kartu identitas (KTP/SIM/Paspor/KK) ke bank yang dituju.
    • Setelah melakukan pembayaran, peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (1) Nomor Identitas; dan (2) PIN sebanyak 10 digit. Nomor Identitas dan PIN ini bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan untuk mendaftar online satu kali dan untuk melihat pengumuman hasil seleksi.
    • Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://seleksi.um.ac.id dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN, kemudian menekan tombol Login.
    • Peserta mengisi borang pendaftaran elektronik sesuai dengan petunjuk secara benar dan menggungah: (1) scan ijazah dan transkrip nilai asli, (2) scan sertifikat akreditasi program studi, (3) file pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4×6 cm, berformat *.jpg, dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi, 400×600 pixels, dan ukuran file maksimum 100 KB.
    • Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan sebagai mahasiswa baru.
    • Peserta menyimpan file dan mencetak kartu Tanda Bukti Pendaftaran online.
    • Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani oleh calon peserta berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta.

PELAKSANAAN UJIAN

  1. Tempat ujian dilaksanakan di masing-masing fakultas.
  2. Sehari sebelum ujian berlangsung, peserta harus sudah tahu tempat dan ruang ujian.
  3. Ujian dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2019 (tempat dan pelaksanaan ujian dapat dilihat pada kartu Tanda Bukti Pendaftaran) dan peserta siap di lokasi 30 menit sebelum pelaksanaan tes.
  4. Materi ujian adalah tes potensi bidang studi dan/atau wawancara.
  5. Kelengkapan yang harus dibawa pada saat ujian: (1) kartu Tanda Bukti Pendaftaran, (2) kartu identitas yang digunakan waktu melakukan pembayaran, dan (3) pensil 2B, karet penghapus, peraut pensil (jika diperlukan), (4) ijazah dan transkrip asli, (5) 1 lembar fotokopi akreditasi program studi yang telah dilegalisir.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 19 Desember 2019 melalui laman http://seleksi.um.ac.id/.

KETENTUAN KHUSUS

  1. Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima wajib mengisi form Biodata Mahasiswa secara online melalui laman http://registrasi.um.ac.id/ pada tanggal 20 s.d. 27 Desember 2019.
  2. Membayar biaya pendidikan UKS (Uang Kuliah Semester) dan SPSA (Sumbangan Penunjang Sarana Akademik) pada tanggal 28 Desember 2019 s.d. 6 Januari 2020.
  3. Melakukan registrasi administrasi tanggal 6 Januari 2020 di Subag Registrasi dan Statistik (Graha Rektorat lt. 2), dengan menyerahkan berkas-berkas berikut:
    • Kartu Tanda Bukti Pendaftaran;
    • Bukti pembayaran dari bank;
    • Bukti pembayaran UKS/Rincian Biaya Pendidikan;
    • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisasi sebanyak 1 lembar;
    • Fotokopi akreditasi program studi;
    • Fotokopi Akta Kelahiran/Akta Kenal Lahir sebanyak 1 lembar;
    • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar;
    • Surat hasil pemeriksaan kesehatan (asli) dari Poliklinik UM;
    • Cetakan Biodata Mahasiswa Baru UM;
    • Cetakan Surat Pernyataan Mahasiswa UM bermaterai Rp 6.000,-.
  4. Calon mahasiswa baru yang tidak dapat memenuhi persyaratan registrasi administrasi sebagaimana yang ditetapkan dinyatakan gugur.
  5. Biaya pendidikan calon mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi administrasi dan kemudian mengundurkan diri tidak dapat diminta kembali.
  6. Membuat kontrak matakuliah yang ditempuh dan Registrasi Akademik di Fakultas tanggal 6 s.d. 10 Januari 2020.
  7. Kegiatan perkuliahan mulai tanggal 20 Januari 2020.

INFORMASI PENDAFTARAN

Informasi pendaftaran dapat diperoleh melalui:

  1. petugas informasi melalui telepon 0341-557571, 0341-565979; atau
  2. helpdesk pendaftaran di Gedung Graha Rektorat Lantai 2, BAKPIK, telepon 0341-551312 psw. 1416,1418,1152 pada jam kerja; laman http://www.um.ac.id atau https://support.um.ac.id/eticket; dan
  3. email: helpdesk@um.ac.id.

Editor : Johan Iriawan Akbar
WhatsApp Admin FT : 
http://bit.ly/adminFTUM