Universitas Negeri Malang menerima mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Masukan Non-SLTA Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ) pada Semester Genap 2019/2020 melalui jalur ujian tulis/wawancara.
PERSYARATAN
- Persyaratan Seleksi
- Lulus Diploma III Kependidikan/ Non-Kependidikan, Sarjana Non-Kependidikan (program studi terakreditasi minimal B) untuk masuk Program Sarjana (S1) Kependidikan.
- Lulus Diploma III Non-Kependidikan (program studi terakreditasi minimal B) untuk masuk Program Sarjana (S1) Non-Kependidikan.
- Pendaftar sudah terdaftar pada Pangkalan PDDikti dengan status lulus.
- Mendapat ijin/tugas belajar dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah/Dinas Pendidikan/Instansi/Perusahaan) bagi yang sudah bekerja.
- Persyaratan Penerimaan
Lulus ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri masukan non- SLTA Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ).
DAFTAR PROGRAM STUDI
- Setiap peserta hanya dapat memilih satu program studi.
- Program studi yang dipilih relevan/sama dengan program studi pada ijazah sebelumnya.
- Daftar Nama dan Kode Program Studi
PENDAFTARAN
- Tata Cara Pendaftaran
- Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
- Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) dibayarkan melalui bank BRI/BNI/BTN/Mandiri/Cimb Niaga online.
- Pendaftaran online dilakukan mulai tanggal 25 November 2019 pukul 15.00 WIB dan berakhir tanggal 10 Desember 2019 pukul 15.00 WIB.
- Calon peserta membayar biaya PENDAFTARAN SPAJ UM mulai tanggal 25 November 2019 dengan cara memasukkan salah satu nomor kartu identitas (KTP/SIM/Paspor/KK) ke bank yang dituju.
- Setelah melakukan pembayaran, peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (1) Nomor Identitas; dan (2) PIN sebanyak 10 digit. Nomor Identitas dan PIN ini bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan untuk mendaftar online satu kali dan untuk melihat pengumuman hasil seleksi.
- Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://seleksi.um.ac.id dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN, kemudian menekan tombol Login.
- Peserta mengisi borang pendaftaran elektronik sesuai dengan petunjuk secara benar dan menggungah: (1) scan ijazah dan transkrip nilai asli, (2) scan sertifikat akreditasi program studi, (3) file pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4×6 cm, berformat *.jpg, dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi, 400×600 pixels, dan ukuran file maksimum 100 KB.
- Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan sebagai mahasiswa baru.
- Peserta menyimpan file dan mencetak kartu Tanda Bukti Pendaftaran online.
- Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani oleh calon peserta berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta.
PELAKSANAAN UJIAN
- Tempat ujian dilaksanakan di masing-masing fakultas.
- Sehari sebelum ujian berlangsung, peserta harus sudah tahu tempat dan ruang ujian.
- Ujian dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2019 (tempat dan pelaksanaan ujian dapat dilihat pada kartu Tanda Bukti Pendaftaran) dan peserta siap di lokasi 30 menit sebelum pelaksanaan tes.
- Materi ujian adalah tes potensi bidang studi dan/atau wawancara.
- Kelengkapan yang harus dibawa pada saat ujian: (1) kartu Tanda Bukti Pendaftaran, (2) kartu identitas yang digunakan waktu melakukan pembayaran, dan (3) pensil 2B, karet penghapus, peraut pensil (jika diperlukan), (4) ijazah dan transkrip asli, (5) 1 lembar fotokopi akreditasi program studi yang telah dilegalisir.
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 19 Desember 2019 melalui laman http://seleksi.um.ac.id/.
KETENTUAN KHUSUS
- Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima wajib mengisi form Biodata Mahasiswa secara online melalui laman http://registrasi.um.ac.id/ pada tanggal 20 s.d. 27 Desember 2019.
- Membayar biaya pendidikan UKS (Uang Kuliah Semester) dan SPSA (Sumbangan Penunjang Sarana Akademik) pada tanggal 28 Desember 2019 s.d. 6 Januari 2020.
- Melakukan registrasi administrasi tanggal 6 Januari 2020 di Subag Registrasi dan Statistik (Graha Rektorat lt. 2), dengan menyerahkan berkas-berkas berikut:
- Kartu Tanda Bukti Pendaftaran;
- Bukti pembayaran dari bank;
- Bukti pembayaran UKS/Rincian Biaya Pendidikan;
- Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisasi sebanyak 1 lembar;
- Fotokopi akreditasi program studi;
- Fotokopi Akta Kelahiran/Akta Kenal Lahir sebanyak 1 lembar;
- Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar;
- Surat hasil pemeriksaan kesehatan (asli) dari Poliklinik UM;
- Cetakan Biodata Mahasiswa Baru UM;
- Cetakan Surat Pernyataan Mahasiswa UM bermaterai Rp 6.000,-.
- Calon mahasiswa baru yang tidak dapat memenuhi persyaratan registrasi administrasi sebagaimana yang ditetapkan dinyatakan gugur.
- Biaya pendidikan calon mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi administrasi dan kemudian mengundurkan diri tidak dapat diminta kembali.
- Membuat kontrak matakuliah yang ditempuh dan Registrasi Akademik di Fakultas tanggal 6 s.d. 10 Januari 2020.
- Kegiatan perkuliahan mulai tanggal 20 Januari 2020.
INFORMASI PENDAFTARAN
Informasi pendaftaran dapat diperoleh melalui:
- petugas informasi melalui telepon 0341-557571, 0341-565979; atau
- helpdesk pendaftaran di Gedung Graha Rektorat Lantai 2, BAKPIK, telepon 0341-551312 psw. 1416,1418,1152 pada jam kerja; laman http://www.um.ac.id atau https://support.um.ac.id/eticket; dan
- email: helpdesk@um.ac.id.
Editor : Johan Iriawan Akbar
WhatsApp Admin FT : http://bit.ly/adminFTUM