Modul Praktikum Komunikasi Data dan Jaringan Komputer #BelajarMandiri

Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media transmisi atau alat komunikasi data. Dengan demikian komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data. Misalnya: proses pengiriman informasi diantara dua titik dengan menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching yang terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer-komputer dan peralatan periperal lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan digunakan untuk perpindahan data (komunikasi data) dari suatu komputer sumber (transmiter) ke komputer tujuan (receiver) yang melalui suatu media penghantar dalam bentuk bit-bit atau data digital dengan alamat-alamat yang berbeda di dalam jaringan atau dikatakan dengan proses routing.

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer merupakan proses pengiriman data-data yang bisa dikomunikasikan (dikirim dan disebarluaskan) kepada komputer-komputer lainnya melalui sebuah jaringan komputer. Tanpa adanya jaringan komputer, komunikasi data pun tidak bisa berlangsung. Komunikasi data tidak hanya melalui media kabel (wired) melainkan komunikasi data dapat dilakukan dengan media tanpa kabel atau sering disebut dengan wireless.

Terdapat 6 Modul yang dipelajari yaitu:

  • MODUL 1 Pengkabelan
  • MODUL 2 Sharing Data
  • MODUL 3 Subnetting
  • MODUL 4 Routing
  • MODUL 5 Wireless Local Area Network (WLAN)
  • MODUL 6 Analisis Paket Data

Link Download : http://bit.ly/ModulPraktikumKDJK

Editor : Johan Iriawan Akbar
WhatsApp Admin FT : http://bit.ly/adminFTUM