Kemahasiswaan

Pendahuluan

Kegiatan kemahasiswaan merupakan salah satu kegiatan yang dimaksudkan untuk mergem-bangkan potensi diri mahasiswa sebagai pemimpin masa depan bangsa. Pembinaan dan pengem-bangan kemahasiswaan diarahkan agar mahasiswa memiliki keseimbangan perkembangan ke-mampuan intelektual dan kemampuan emosionalnya serta dilandasi pula oleh kematangan spiritual-nya. Dengan demikian akan diperoleh kader-kader pemimpin masa depan bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, bertanggungjawab, mandiri, kreatif, inovatif, dan mampu menghadapi perubahan zaman dan tantangan global.
Sesuai dengan visi dan misi FT sebagai fakultas yang unggul dan rujukan dalam bidang ke-teknikan dan teknologi, maka pengembangan dan pembinaan kemahasiswaan diprioritaskan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang penalaran/keilmuan, minat dan kegemaran mahasiswa, kesejahteraan mahasiswa, kepedulian sosial kemasyarakatan, serta organisasi kemahasiswaan.

Tujuan

Tujuan pengembangan Kegiatan kemahasiswa antara lain sebagai berikut.

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penalaran dan keilmuan mahasiswa.
  • Mengembangkan bakat dan minat/kegemaran mahasiswa
  • Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa
  • Meningkatkan kepedulian sosial kemasayarakatan mashasiswa
  • Meningkatkan mutu kegiatan organisasi kemahasiswaan


Pengembangan Penalaran/Keilmuan

Pengembangan penalaran/keilmuan merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk. membentuk mahasiswa memiliki kompetensi yang tinggi dan profesionalitas dalam mengembangkan ilmu penge-tahuan, teknologi, dan kesenian untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan penalaran/keilmuan mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran, inovasi, kreatifitas, dan profesionalitasnya sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang ada.
Jenis-jenis kegiatan penalaran/keilmuan antara lain: (1) kegiatan diskusi ilmiah, seminar, Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Pemilihan Mahasiswa berprestasi (Mawapres), pertemuan ilmiah dengan Organisasi Profesi Sejenis, dan lain sebagainya.

Pengembangan Bakat Minat/Kegemaran Mahasiswa

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menampung dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam berbagai bidang, utamanya meningkatkan kesegaran fisik melalui kegiatan oleh raga dan kesenian. Selain itu pengembangan minat dan bakat diarahkan untuk pengembangan minat dalarn bidang professional sesuai bidangnya. Kegiatan-kegiatan pengembangan minat antara lain ditampung dalam lembaga semi otonom baik di tingkat fakultas atau tingkat jurusan.
Jenis kegiatan antara lain latihan rutin berbagai cabang olah raga, ikut serta dan menyelengga-rakan berbagai turnamen cabang olah raga baik di lingkup fakultas, universitas, maupun tingkat nasional, pengembangan sen! teater, seni kepenyiaran radio kampus, dan paduan suara mahasiswa.
Untuk pengembangan bakat dan minat profesional bidang teknik mesin ditampung dalam lem