Kegiatan BIMTEK bagi Pengelola Laboratorium di SMK se-Indonesia

Bertempat di Aula, OJ Hotel Malang, Senin (17/2), Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Waras, M.Pd membuka program Bimtek dengan tema pengelola LAB./Juru Bengkel SMK. Acara yang berlangsung pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri dari beberapa perwakilan SMK di Indonesia bagian Timur. Dimana program Bimtek tersebut dibagi menjadi 4 Zona yaitu:

  1. Zona I Padang, Sumatra oleh Universitas Negeri Padang (UNP),
  2. Zona II Jawa Barat, Yogjakarta oleh Universitas Negeri Yogjakarta (UNY),
  3. Zona III Jawa Timur, NTT, Bali oleh Universitas Negeri Malang (UM),
  4. Dan Zona IV Papua, Ambon, Sulawesi oleh Universitas Negeri Makassar (UNM).

Dalam sambutannya Dr. Waras, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pengelolaan laboratorium SMK dan implementasi kurikulum 2013, dimana pengelolaan Lab. SMK juga sebagai manufaktur guru dalam membantu dan mengembangkan kegiatan pembelajaran.

Diharapkan dengan kegiatan ini pengelolaan Lab. SMK bisa menjadi partner guru dalam mengelolah, menata, dan merawat sumber belajar. Sehingga semua sumber yang ada di dalam Lab. tersebut benar-benar menjadi sumber belajar” ujar Dr. Waras, M.Pd, yang memberikan sambutan dan membuka acara.

Dimana program Bimtek ini masih dikhususkan hanya untuk pengelolaan Lab. SMK, yang kebanyakan dari peserta merangkap profesi guru dengan pengelolaan Lab. SMK. Sehingga diharapkan pembekalan teknis pengelolaan Lab. SMK dan implementasi kurikulum 2013 bisa berjalan dengan baik. [dedi/ft um]