Fasilitas

Sebagian besar lokasi gedung FT UM terletak di tengah-tengah areal universitas, yakni di gedung G2, G3, G4, G5, G6, H4, dan D2, dengan luas tanah sekitar 8.000 m2. Lebih kurang 80% dari lahan FT tersebut dimanfaatkan untuk kawasan pendidikan, sedangkan sisanya digunakan untuk halaman, ja’ur hijau, dan taman. Penggunaan gedung tersebut adalah sebagai berikut.

  • Gedung G2 digunakan untuk Jurusan Teknik Mesin (TM), atau dikenal gedung Jurusan TM. Gedung ini terdiri dari dua lantai, di mana lantai I untuk laboratorium dan lantai II untuk ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan, ruang dosen, dan ruang kuliah teori.
  • Gedung G3 digunakan untuk Jurusan Teknik Sipil (TS), atau dikenal gedung Jurusan TS. Gedung ini terdiri dari dua lantai, di mana lantai I untuk laboratorium dan lantai II untuk ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan, ruang dosen, dan ruang kuliah teori. Namun demikian satu ruangan di lantai II gedung ini juga untuk laboratorium Jurusan Teknologi Industri.
  • Gedung G4 digunakan untuk Jurusan Teknik Elektro (TE), atau dikenal dengan gedung Jurusan TE. Gedung ini terdri dari dua lantai, di mana lantai I untuk laboratorium, termasuk unit jasa warnet, dan iantci II untuk ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan, ruang dosen, dan ruang kuliah teori. Satu ruangan di lantai I gedung ini juga digunakan untuk laboratorium Jurusan Teknologi Industri.
  • Gedung G5 digunakan untuk Jurusan Teknologi Industri (Tl), atau dikenal dengan gedung Jurusan Tl. Namun demikian seluruh ruangan di lantai I gedung ini masih digunakan untuk laboratorium Jurusan Teknik Mesin, sehingga Jurusan Tl hanya menggunakan lantai II saja. Penggunaan ruang di lantai II gedung ini adalah untuk ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan, ruang dosen, ruang kuliah teori, dan laboratorium.
  • Gedung D2 digunakan untuk Laboratorium Jurusan Teknik Sipil (TS), atau dikenal dengan gedung lab TS. Gedung ini adalah satu-satunya gedung yang by design disiapkan untuk lab TS, meskipun di gedung ini juga terdapat beberapa ruang teori. Gedung ini terdiri dari 4 lantai yang penggunaannya di samping untuk ruang lab dan ruang kuliah teori juga untuk ruang dosen, ruang Kepala Laboratorium, dan ruang Sekretariat Tim Pengelola TPSDP.
  • Gedung H4 lebih dikenal dengan Gedung Lembaga Penelitian (Lemlit) UM, sehingga gedung ini merupakan satu-satunya gedung yang dikelola bersama (resource sharing) antara FT UM dengan Lemlit UM. Gedung ini terdiri dari tiga lantai, di mana FT UM menempai sebagian ruang yang ada di lantai I dan sebagian ruang di lantai III. Dua ruang di lantai I masing-masing digunakan untuk lab otomotif Jurusan Teknik Mesin untuk Lab Manajemen Usaha Boga Jurusan Tl. Sedangkan dua ruang di lantai III digunakan untuk lab Jurusan Tl semua.
  • Gedung G6 digunakan untuk kantor pimpinan fakultas sehingga lebih dikenal dengan Gedung Fakultas. Gedung ini terdiri dari dua lantai, di mana lantai I digunakan untuk ruangan pimpinan fakultas yang terdiri dari ruang dekan, ruang para pembantu dekan, ruang Kabag TU, ruang TU termasuk para Kasubagnya, ruang rapat, dan sebagian untuk sangkar dosen. Lantai II dari gedung ini digunakan untuk ruang kuliah teori dan aula fakultas.