Maba Jurusan Teknik Elektro Raih Juara di WRG 2016

Juara WRG 2016-2Tahun ini Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang mendapat sebuah kejutan spesial dari seorang Mahasiswa Baru yang berhasil menjadi perwakilan Indonesia sekaligus meraih Juara 1 dan mendapatkan medali emas dalam Kompetisi Robot Internasional yang bertajuk World Robot Game (WRG). Amelia Sari Faradyza atau yang lebih akrab di panggil ‘Amel’ merupakan alumni dari SMKN 8 Malang jurusan mekatronika. Semenjak SMK, Amel sudah menunjukkan ketertarikan dengan robot. Mulai dari mengikuti ekstrakulikuler Tim Robot di sekolahnya, dia juga rajin mengikuti berbagai lomba.

Perjuangan yang dilakukan Amel untuk mendapatkan juara di berbagai kompetisi robot memang tidak mudah. Sikap pantang menyerah dan selalu terbuka dengan hal baru menjadi salah satu kunci keberhasilannya menjadi juara di berbagai lomba seperti:

  1. Juara 1 Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2013
  2. Best Design LKE Polinema tahun 2015
  3. Juara 3 ILTC Analog ITS 2016
  4. Juara 1 World Robot Game (WRG) tahun 2016

“Rasanya bingung, senang, deg-deg an. Nggak nyangka jadi juara disana. Lihat robot yang bagus-bagus dari negara lain jadi minder sendiri. Tapi kalau sudah naik panggung bawa Bendera Indonesia rasanya bangga banget” kata Amel ketika ditanya mengenai perasaannya menjadi juara 1 World Robot Game 2016.

Meskipun telah banyak menjuarai lomba, Amel tetap rendah hati dan tidak pernah menunjukkan dirinya lebih pintar dari orang lain. Pribadi seperti inilah yang layak menjadi contoh di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM).

Kini Amel telah resmi menjadi Mahasiswa Baru Jurusan Teknik Elektro 2016 dan berada pada program studi S1 Teknik Elekto Offering A. Amel juga bercerita bahwa ia akan mulai meneruskan hobinya ‘be-robot’ dengan akan mendaftar menjadi salah satu anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Elektro Bidang Bakat Minat atau Workshop Elektro Divisi Robotik dan akan berusaha menjadi Tim Inti Robotik UM. Semangat, Mel!

Sumber: elektro.um.ac.id