79 Desainer Muda Angkat Keanekaragaman Budaya 8 Pulau Indonesia

MALANGTIMES – Sorot lampu fashion sedang tertuju pada Malang. Lewat fashion show bertajuk ‘Bhinneka Trend Fashion 2017’ desainer muda Malang unjuk gigi, Sabtu (5/11/2016).

79 Desainer Muda Angkat Keanekaragaman Budaya 8 Pulau Indonesia

Digelar di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) 79 desainer muda jebolan Tata Busana Universitas Negeri Malang (UM) menyuguhkan karya busana dengan tema keberagaman budaya dari delapan pulau besar di Indonesia.

Sentuhan etnik tradisional dengan paduan budaya modern mewarnai karya para desainer muda itu. Tren busana dengan gabungan kebudayaan nusantara berpadu dengan modern itu diprediksi akan jadi tren di tahun 2017 mendatang.

Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Malang Chapter, Agus Sunandar menjelaskan delapan tema budaya yang diangkat kali ini berasal dari Pulau Jawa, Bali, Maluku, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara Timur, Sumatera, dan Kalimantan.

“Tiap pulau ada tema yang kami angkat. Misalnya Royaume untuk karya busana yang terinspirasi dari budaya Pulau Jawa. Rouyame ini adalah bahasa Belanda yang berarti kerajaan,” tutur pria yang juga dosen di Universitas Negeri Malang (UM) itu pada MalangTIMES, Sabtu (5/11/2016).

Ada 79 busana avant-garde dan 79 busana ready to wear yang dipamerkan dalam ‘Bhinneka Trend Fashion 2017’ itu.

Selain peragaan busana oleh 79 karya desainer muda jebolan UM, Tata Busana UM juga menjadikan fashion show ini sebagai bentuk kerjasama dengan University Technology of Mara Malaysia.

http://www.malangtimes.com/baca/15248/20161105/213411/79-desainer-muda-angkat-keanekaragaman-budaya-8-pulau-indonesia/