Asian Students Engineering Festival (ASEF) 2018 UM

3 September 2018, Dalam rangka program Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) untuk membangun kerjasama dengan tujuan untuk saling memperkenalkan negara dan budaya masing-masing, maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT bersama KLN FT menyelenggarakan Asian Student Engineering Festival (ASEF) 2018 yang dihadiri oleh 7 mahasiswa dari Saga University Japan, 8 mahasiswa dari Universiti Teknologi Petronas Malaysia, serta mahasiswa FT UM. Kegiatan berlangsung di Aula Gedung H-5 lantai 4 FT UM.

ASEF 2018 (4)

Acara bertema ‘Explore the Culture’ tersebut secara langsung dibuka oleh Prof. Dr. Marji, M.Kes. Selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik, serta Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV UM. Masing-masing delegasi atau perwakilan universitas baik Saga University Japan dan Universiti Teknologi Petronas Malaysia melakukan presentasi yang membahas tentang kehidupan, budaya, dan sejarah dari negaranya. Indonesia dengan beragam bahasa dan keajaiban dunianya, Jepang dengan makanan, anime dan komiknya yang khas, serta Malaysia dengan budaya dan tari-tariannya.

ASEF 2018 (6)

Yang tidak kalah penting setiap jurusan Fakultas Teknik menampilkan produk-produk unggulan yang ditampilkan pada acara ASEF 2018 salah satunya baik makanan khas dan busana khas indonesia dari Jurusan Teknologi Industri, serta ada Robot dari Jurusan Teknik Elektro.

KLN FT UM Dr. Tuwoso, M.P., sebagai pendamping dalam acara tsb, serta Dr. Eng. Anik Nur Handayani, M.T., yang juga menjadi salah satu penyelenggara acara tersebut menyampaikan harapannya kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknik khususnya, agar dapat mengetahui betapa pentingnya mempunyai relationship dan partnership. “Saya harap seluruh mahasiswa di Indonesia, Fakultas Teknik khususnya, untuk tidak hanya belajar akademika. Namun juga harus bisa explore dari luar supaya mahasiswa itu tahu bahwa mereka harus punya relationship dan partnership. Itu penting,” tuturnya.

Referensi : Explore Budaya Tiga Negara dan Atmosfir Pendidikan di ASEF 2018