Pengembangan Lembaga dan Kerjasama

Mengacu pada paradigma baru pengelolaan perguruan tinggi sebagaimana teituang pada HELT (Higher Education Long Strategy, 2003-2010) yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti (2004) maka untuk mewujudkan lembaga (fakultas) yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan teknologi kejuruan dan keteknikan maka FT UM merencanakan program pengembangan yang terarah dan sistematis, antara lain sebagai berikut.

  • Program peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung pengembangan bidang keahlian dosen sesuai dengan kebutuhan masing-masing prodi dan pengembangan sistem administrasi modern yang dilakukan melalui kegiatan studi lanjut, pelatihan, pemagangan, dan sejenisnya.
  • Program peningkatan sarana dan prasarana, terutama gedung laboratorium dan fasilitas laboratoriumnya, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas serta memfasilitasi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh sivitas akademika.
  • Program peningkatan atmosfir akademik yang kondusif, kreatif, dan produktif termasuk pembiasaan kerja yang terstandar serta pengembangan kepribadian ilmiah dan profesional pada diri mahasiswa.
  • Program peningkatan karya ilmiah dosen dan mahasiswa, baik melalui kegiatan penelitian, pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, penulisan buku, penerbitan jurna!, dan sejenisnyayang relevan.
  • Program peningkatan citra lembaga terutama melalui pemberdayaan alumni dan kerjasama de