Studi Tentang Perencanaan Pembelajaran Mata Diklat Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman (ITHHBFBS03AIS) Kelas XI SMKN 6 Surabaya

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pedoman penilaian. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar Mata Diklat Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman pada kelas XI di SMK Negeri 6 Surabaya sebanyak 5 orang. Sedangkan yang diteliti adalah berupa dokumen atau produk persiapan pengajaran guru yaitu RPP Mata Diklat Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman kelas XI SMK Negeri 6 Surabaya yang berjumlah 5 buah. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah statistika deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penetapan guru produktif bidang Keahlian Restoran dalam pembuatan perencanaan pembelajaran Mata Diklat Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman kelas XI SMK Negeri 6 Surabaya.

Hasil penelitian menunjukkkan bahwa RPP yang digunakan oleh 5 guru bidang Keahlian Restoran di SMK Negeri 6 Surabaya adalah sama, sehingga hasil skor nilai setiap item yang diperoleh sama yaitu 100%. Kesamaan tersebut disebabkan adanya kelas paralel yang ada di Jurusan Tata Boga SMK Negeri 6 Surabaya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kenyataannya RPP yang digunakan oleh guru SMK Negeri 6 Surabaya adalah sama dan kemampuan pembuatan RPP Mata Diklat Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman kelas XI SMK Negeri 6 Surabaya dikategorikan baik.

Untuk perbaikan perencanaan pembelajaran Mata Diklat Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman kelas XI SMK Negeri 6 Surabaya disarankan kepada guru agar membuat RPP sesuai dengan ketentuan yang ada, yaitu setiap guru wajib membuat RPP sendiri sesuai dengan keadaan siswa dikelas masing-masing

Yuliani, Siti. 2009