Perbedaan Minat dan Motivasi Mahasiswa Lulusan SMK dan Non SMK untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang

Minat adalah aspek kejiwaan yang bisa dilihat dari prilaku seseorang yang menaruh perhatian serta merelakan dirinya terikat pada kegiatan tertentu. Keterikatan tersebut biasanya didukung oleh tindakan. “Motivasi” berasal dari kata ”motif” juga berarti sesuatu yang ada dalam diri seseorang, yang mendorong orang tersebut untuk bersikap dan bertindak guna mencapai tujuan tertentu. SMK adalah bentuk pendidikan yang disiapkan untuk bekerja yang dilakukan disekolah menengah. Non SMK seperti SMA dan MA adalah sekolah menengah atas yang program pendidikannya lebih menekankan pada Knowledge atau pengetahuan bukan skill atau keterampilan, dan mempersiapkan siswa untuk memiliki bekal ilmu dan pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi, yang artinya menyelenggarakan pendidikan pada jalur pendidikan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi dari pada pendidikan menengah dijalur pendidikan sekolah. Jurusan Teknologi Industri adalah adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang,  yang menyelenggarakan pendidikan jenjang D3 dan S1, yaitu Prodi Tata Boga (TBG) dan Prodi Tata Busana.Tujuan penelitian adalah Mengetahui minat mahasiswa lulusan SMK dan non SMK untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi UM Jurusan Teknologi Industri, Mengetahui perbedaan minat mahasiswa lulusan SMK dan non SMK untuk melanjutkan studi ke Peruruan Tinggi UM Jurusan Teknologi Industri, Mengetahui motivasi mahasiswa lulusan SMK dan non SMK untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi UM Jurusan Teknologi Industri, Mengetahui perbedaan motivasi mahasiswa lulusan SMK dan non SMK untuk melanjutkan studi ke Peruruan Tinggi UM Jurusan Teknologi Industri.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan studi komparatif, sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa lulusan SMK dan non SMK di Jurusan Teknologi Industri Program Studi D3 Tata Busana, S1 Tata Busana, D3 Tata Boga dan S1 Tata Boga Keahlian Tata Boga, angkatan tahun 2006/2007, 2007/2008, dan 2008/2009 yang berjumlah 460 mahasiswa dengan teknik sampel Proportional Stratified Random sampling. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu minat lulusan SMK nilai tertinggi rata-rata 39.83 diperoleh pada kriteria tinggi, minat mahasiswa lulusan non SMK dengan nilai tertinggi rata-rata 39.55 pada kriteria tinggi, berdasarkan dari dua rata-rata tersebut terdapat perbedaan minat mahasiswa, dimana minat lulusan SMK lebih tinggi dari minat lulusan non SMK.  Hasil penelitian tentang motivasi yaitu mahasiswa lulusan SMK nilai tertinggi dengan rata-rata 84.95 pada kriteria tinggi, motivasi mahasiswa lulusan non SMK tertinggi dengan rata-rata 118.29 pada kriteria tinggi, bedasarkan dari dua rata-rata tersebut ada perbedaan motivasi mahasiswa, dimana motivasi mahasiswa lulusan SMK lebih rendah dari lulusan non SMK.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa minat Mahasiswa Lulusan SMK dan non SMK memiliki nilai rata-rata yang berada pada kriteria tinggi, Perbedaan minat Mahasiswa Lulusan SMK dan Non SMK berdasarkan hasil penelitian lulusan SMK tertinggi dengan rata-rata 39.83, sedangkan mahasiswa lulusan non SMK tertinggi dengan rata-rata 39.55, sehingga terdapat perbedaan minat lulusan SMK lebih tinggi dari pada lulusan non SMK karena pada uji hipotesis thitung > ttabel dengan taraf signifikan atau kesalahan 5% dan Hipotesis (Ha) yang dirumuskan diterima, motivasi Mahasiswa Lulusan SMK dan Non SMK dari hasil penelitian melalui motivasi mahasiswa lulusan SMK dengan rata-rata 84.95 dan memiliki kriteria tinggi, sedangkan motivasi mahasiswa lulusan non SMK berdasarkan hasil penelitian memiliki nilai tertinggi rata-rata 118.29 dengan berada pada kriteria tinggi, Perbedaan Motivasi Mahasiswa Lulusan SMK dan non SMK dari hasil penelitian lulusan SMK dengan rata-rata 84.95, sedangkan mahasiswa lulusan non SMK dengan rata-rata 118.29, hal ini berarti ada perbedaan motivasi lulusan non SMK lebih tinggi dari pada lulusan SMK karena pada uji hipotesis thitung > ttabel dengan taraf signifikan atau kesalahan 5% dan Hipotesis (Ha) yang dirumuskan diterima.  

Hasil penelitian ini dapat disarankan bagi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri lulusan SMK diharapkan dapat mempertahankan minatnya yang tinggi terhadap melanjutkan studi pada Jurusan Teknologi Industri, agar memotivasi atau meningkatkan dorongan keingintahuan pada diri sendiri maupun orang lain walaupun tumbuhnya minat dan motivasi pada setiap orang berbeda-beda, dan tanpa melihat dari segi asal sekolah atau lulusan seseorang itu berasal. Bagi mahasiswa lulusan non SMK diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi minatnya yang tinggi terhadap melanjutkan studi pada Jurusan Teknologi Industri walaupun pada dasarnya belum mendapatkan pengetahuan dibidang kejuruan waktu disekolah menengah, dan dapat mempertahankan  motivasi atau dorongan pada diri sendiri maupun orang lain, walaupun tumbuhnya minat dan motivasi pada setiap orang berbeda-beda. Bagi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri lulusan SMK dan non SMK diharapkan tidak ada perbedaan tetapi sama-sama memiliki minat dan motivasi yang tinggi terhadap melanjutkan studi pada Jurusan Teknologi Industri dan dapat saling memberikan dorongan dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang mahasiswa di Perguruan Tinggi UM tanpa membedakan status lulusan sekolah menengah. Disarankan pada peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang perbedaan minat dan motivasi mahasiswa lulusan SMK dan non SMK terhadap mata pelajaran dibidang Tata Busana atau Tata Boga.

Rakhmadaniyah, Siti. 2009