Evaluasi program pembelajaran mata diklat produktif kelas wirausaha Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Malang

Evaluasi merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilan program pembelajaran yang telah dilaksanakan. Evaluasi yang digunakan secara benar akan banyak memberikan informasi tentang kelemahan program pembelajaran serta mengenai perkembangan dan keterbatasan siswa. Pedoman dalam menentukan sesuatu yang menjadi obyek evaluasi, yaitu: program, pelaksanaan program dan hasil program. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pembelajaran mata diklat produktif kelas wirausaha Jurusan Tata Boga yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi (evaluation research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dataprimer dan data sekunder dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata diklatproduktif kelas wirausaha dan alumni kelas wirausaha yang bekerja dan yang berwirausaha sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi yang bersifat menggabungkan data hasil penelitian dari berbagai teknikpengumpulan data. Penelitian kualitatif perolehan datanya dilakukan secara alami dimana hasil dari penelitian tersebut dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Desain penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode wawancara dalam proses mengambil data.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa program pembelajaran mata diklat produktif kelaswirausaha yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Malang telah terlaksana sesuai dengan program semester dan silabus yang telah dibuat, pelaksanaannya sudah tercapai tujuannya. Program pembelajaran ini di lihat dari perencanaan program, yang meliputi kurikulum, silabus dan RPP, pelaksanaan program, yang meliputi kesesuaian dengan program, pembelajaran mengelola usaha, kualitas bimbingan dan hambatan, sertahasil program yang meliputi berwirausaha dan bekerja.

Muslimah