Pengaruh Penambahan Filler Abu Sekam Padi Terhadap Nilai Karakteristik Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada Campuran Hot Rolled Sheet (HRS)

Banyaknya jalan raya yang mengalami kerusakan sebagian besar diakibatkan oleh konstruksi jalan yang tidak sesuai dengan pemakaian (over load) ditambah lagi dengan tingginya curah hujan di Indonesia yang mengakibatkan lepasnya ikatan aspal dengan agregat. Peneliti mencoba untuk melakukan penambahan Filler abu sekam padi terhadap Indeks Kekuatan Sisa (IKS) upaya mewujudkan usaha untuk mengurangi kerusakan jalan raya agar konstruksi jalan lebih kuat dan tahan lama dengan banyaknya bahan alternatif untuk campuran aspal. Penggunaan penambahan filler Abu Sekam Padi pada Hot Rolled Sheet-Wearing Course  (HRS-WC) memberikan keuntungan yaitu dapat mengurangi penggunaan filler Portland Cement (PC) dengan adanya kandungan silika alami yang tinggi pada Abu Sekam Padi yang memiliki aktivitas pozzolanic seperti sifat yang dimiliki pada semen.

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui Kadar Aspal Optimum (KAO) yang menggunakan Filler PC pada campuran HRS ditinjau dari nilai karakteristik Marshall, 2) Mengetahui Kadar Filler Optimum (KFO) yang menggunakan penambahan filler Abu Sekam Padi pada campuran HRS ditinjau dari nilai karakteristik Marshall, 3) Mengetahui pengaruh penambahan Filler Abu Sekam Padi terhadap IKS.

Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan HRS-WC dengan jumlah pembagian benda uji sebanyak 42 benda uji dengan penentuan kadar aspal 6%, 6,5%, 7%, 7,5%, 8%, dan 8,5%. Penentuan untuk kadar filler Abu Sekam Padi sebanyak 0%, 4,5%, 5,5%, 6,5%, 7,5%, dan 8,5%. Pada perendaman IKS benda uji dibagi menjadi 2 bagian, yaitu dengan perendaman selama 30 menit dan 24 jam dengan suhu 600C.

Berdasarkan hasil pengujian yaitu: 1)    KAO pada campuran HRS-WC dengan menggunakan filler PC tanpa penambahan filler Abu Sekam Padi diperoleh KAO sebesar 8% dengan hasil stabilitas bernilai 1219,67 kg,  flow dengan nilai 4,77 mm, VIM dengan nilai 5,71%, VMA dengan nilai 26,56%, VFB dengan nilai 78,66%, MQ dengan nilai 260,92 kg/mm, dan density dengan nilai 2,19 gr/cc, 2) KFO pada campuran HRS-WC dengan menggunakan penambahan filler Abu Sekam Padi diperoleh hasil KFO sebesar 5,5% dengan hasil nilai dari stabilitas  sebesar 1237,54 kg, nilai flow sebesar 3,93 mm, nilai VIM sebesar 5,19%, nilai VMA sebesar 28,76%, nilai VFB sebesar 81,98%, nilai MQ sebesar 319,57 kg/mm, dan nilai hasil dari density sebesar 2,20 gr/cc, 3) Berdasarkan pengaruh penambahan Filler Abu Sekam Padi terhadap IKS pada campuaran HRS didapat nilai IKS sebesar 95,74% yang berarti nilai IKS pada penambahan filler Abu Sekam Padi telah memenuhi persyaratan pada Bina Marga.

Novita Sisweni, Wendha. 2015. Pengaruh Penambahan Filler Abu Sekam Padi Terhadap Nilai Karakteristik Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada Campuran Hot Rolled Sheet (HRS). Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Boedi Rahardjo, M.Pd, M.T, (II) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T, M.T.