Pemanfaatan Abu Batu sebagai Bahan Campuran Paving Block dengan Tinjauan Kualitas dan Efisiensi Biaya Produksi

Abu batu merupakan material hasil sampingan industri stone crusher yang jumlahnya melimpah tidak begitu laku dijual. Disisi lain industri paving block sedang mengalami masalah terkait biaya produksi dan kualitas produknya akibat mahalnya harga material. Sebagai bahan perkerasan paving block  harus mampu mendukung beban diatasnya. Jika kuat tekan paving block  bernilai rendah akan membuat produk  paving block  tidak awet dan tidak memenuhi standar kualitas.  Namun, jika kuat tekan dinaikkan dengan menambah jumlah bahan material maka harga paving block akan menjadi mahal karena biaya produksi meningkat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Sifat dan karakteristik abu batu sebagai bahan material; (2) Kualitas paving block  reguler yang beredar di pasaran, khususnya wilayah Kabupaten Blitar; (3) Pengaruh penambahan abu batu terhadap mutu paving block; dan (4) Perbedaan biaya produksi antara paving block  reguler dengan campuran abu batu.

Pengujian dilakukan di Laboratorium Beton dan Bahan Material Jurusan Teknik Sipil FT UM dengan kuat tekan sebagai tolok ukur dari tiap benda uji sesuai dengan penambahan kadar limbah abu batu. Kemudian menganalisa proporsi optimum potensi limbah stone crusher hingga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan industri paving.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Diameter butiran rata-rata abu batu berkisar antara 0,60 mm–1,18 mm dengan nilai modulus kehalusan sebesar 2,95 dan masuk pada zona gradasi 2; (2) Kuat tekan rata-rata paving block reguler dengan  perbandingan 1PC : 8 Pasir sebesar 106,05 (± 8,35) Kg/cm2; (3) Kuat tekan  terbesar terjadi pada paving block benda uji dengan rasio campuran 80% abu batu  sebesar rata-rata 119,65 (± 19,24) Kg/cm2 sehingga termasuk pada kelompok paving block mutu D; (4) Penggunaan abu batu sebagai bahan campuran paving block mampu menekan kebutuhan biaya bahan baku hingga sebesar 22% dan memberikan efisiensi biaya produksi hingga sebesar 13%.

Amesta, Usfi. 2015. Pemanfaatan Abu Batu sebagai Bahan Campuran Paving Block dengan Tinjauan Kualitas dan Efisiensi Biaya Produksi. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyo Hendarto Yoh., M.T,  (II) Dr. Ir. B. Sri Umniati, M.T.