Pengembangan Media Pembelajaran Proses Pembuatan Roda Gigi Lurus Untuk Standar Kompetensi Memfrais Kompleks Jurusan Teknik Mesin Produksi Di SMK Negeri 3 Boyolangu

Suprayogi, Dedy. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Proses Pembuatan Roda Gigi Lurus Untuk Standar Kompetensi Memfrais Kompleks Jurusan Teknik Mesin Produksi Di SMK Negeri 3 Boyolangu. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sunomo, M.Pd, (II) Suprayitno, S.T., M.T.

Kata Kunci: media pembelajaran, roda gigi lurus

Pendidikan SMK bertujuan meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, serta menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional. Banyak kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajarannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu diupayakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih aktif. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar. Produk media pembelajaran ini dikembangkan dan di uji coba di SMK Negeri 3 Boyolangu pada standar kompetensi memfrais kompleks pada materi pembuatan roda gigi lurus.

Tujuan dari penelitian ini adalah: Menghasilkan produk  multimedia sebagai sarana pembelajaran mata pelajaran memfrais pada materi pembuatan roda gigi lurus terhadap siswa SMKN 3 Boyolangu. Tahapan penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada dua ahli media, ahli materi, uji coba perorangan dengan 2 orang siswa, dan uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa.

Data yang diperoleh berupa data kualitatif hasil wawancara sebagai data awal dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidanya. Produk media ini berbentuk software cd interaktif. Hasil validasi isi terhadap kelayakan media media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 92,5%, validasi ahli materi 88%, uji coba perorangan 81,5%, dan uji coba kelompok kecil 82,2%. Hasil pengembangan media pembelajaran telah direvisi meliputi: (1) video diberi penjelasan berupa tulisan, (2) warna teks yang berwarna kuning pada materi diganti karena warna kuning menunjukkan link atau tombol, (3) menu tujuan pembelajaran disesuaikan, (4) tata tulis digunakan bahasa yang baik, dan (5) tabel usahakan janganditampilkan secara print screen karena tulisan di dalam tabel kurang jelas.