Pengaruh Penguasaan Mata Diklat Produktif Dan Minat Siswa Terhadap Keberhasilan Praktik Kerja Industri Pada Siswa Pemesinan SMK Negeri Widang Tuban

Krisbianto, Depit. 20012. Pengaruh Penguasaan Mata Diklat Produktif Dan Minat Siswa Terhadap Keberhasilan Praktik Kerja Industri Pada Siswa Pemesinan SMK Negeri Widang Tuban. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Basuki, M.Pd. (2) Drs. Wahono, S.ST., M.Pd.

Kata Kunci:  Penguasaan Mata Diklat Produktif, Minat Siswa, Keberhasilan Praktik Kerja Industri.

Praktik kerja industri merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dilakukan oleh sekolah-sekolah kejuruan. Keberhasilan praktik kerja industri dalam DU/DI yang dibuktikan dengan meningkatnya prestasi praktik kerja industri siswa yang tercermin pada nilai sertifikat yang baik. Keberhasilan tersebut diperoleh dengan perpaduan dari faktor afektif, kognitif dan psikomotorik di setiap siswa. Faktor kognitif dalam penguasaan pengetahuan yang diperoleh siswa diimplikasikan kedalam faktor psikomotorik dalam praktik kerja industri dan didorong oleh minat atau keinginan atau kesadaran atau perasaan senang siswa dalam mengikuti praktik kerja industri sangat berpengaruh dalam keberhasilan praktik kerja industri dalam program PSG di SMK N Widang Tuban.

Tujuan utama penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri pada siswa kelas XII Program Keahlian Pemesinan di SMK Negeri Widang Tuban.

Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi. Penelitian ini dilakukan di SMKN Widang Tuban. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII progam keahlian teknik pemesinan yang sudah melakukan praktik kerja industri berjumlah 36 anak. Teknik pengumpulan data data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), regresi berganda, dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa terhadap keberhasilan praktik kerja industri. Hal ini berdasarkan analisis data persamaan regresi yaitu Y = 5,988 + 0,620 X1 + 0,403 X2, dengan uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 29,793 dengan probabilitas 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,05 (5%). Secara parsial dengan menggunakan uji t diperoleh thitung untuk variabel penguasaan mata diklat produktif (X1) sebesar 2,510 dengan probabilitas 0,017 < 0,05. Sedangkan thitung untuk variabel minat siswa (X2) sebesar 3,252 dengan probabilitas 0,003 < 0,05.

Saran yang diberikan oleh peneliti adalah siswa sebelum melakukan praktik industri diharapkan lebih mampu menguasai mata diklat produktif dengan menambah jam teorih dan memperbanyak praktik karena penguasaan mata diklat produktif  berpengaruh sebersar 27,73% terdahap keberhasilan praktik kerja industri. Dalam penjaringan siswa baru diharapkan melakukan tes bakat teknik dan minat terhadap teknik mesin dan memantau terus proses belajar pada mata diklat produktif, supaya mengetahui minat siswa terhadap teknik mesin dan meningkatkan minat tehradap praktik kerja industry juga, karena minat siswa berpengaruh sebesar 37,04% terdahap keberhasilan praktik kerja industri.