Pengaruh Pengetahuan Siswa Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kedisiplinan Dalam Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Bengkel Otomotif Kelas XII. 1, 2 dan 3 Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Singosari

Keselamatan kerja adalah faktor yang sangat penting agar suatu proyek atau pekerjaan dapat berjalan dengan lancar. Dengan situasi yang aman dan selamat, para pekerja akan bekerja secara maksimal dan semangat.Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang diberikan kepada siswa dalam menerapkan kedisiplinan keselamatan dan kesehatan kerja(K3) di Bengkel Otomotif Kelas XII.1, 2, 3 Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Singosari.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian korelasional digunakan untuk menemukan ada tidaknya hubungan, dan apabila ada sejauhmana keeratan hubungan tersebut. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan siswa tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kedisiplinan dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di bengkel otomotif kelas XII. 1, 2 dan 3 Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Singosari Malang. Dengan besarnya pengaruh dilihat dari hasil perhitungan ternyata nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.001< 0.05. Oleh karena itu, hipotesis yang berbunyi “ terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan siswa tentang K3 terhadap kedisiplinan dalam menerapkan K3 di bengkel otomotif kelas XII. 1, 2 dan 3 Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Singosari Malang” diterima.
Kesimpulan pada penelitian ini adalahdenganmemberikanpengetahuanataumateritentang K3, guru matapelajaran diharapkan dapat memberikan arahan dan informasi mengenai kecelakan-kecelakan serta dampak apa saja yang akan terjadi ketika siswa sedang melakukan praktikum di bengkel otomotif. Dengan begitu siswa akan lebih berhati-hati dan disiplin dalam melakukan praktik sehingga tingkat kecelakaan kerja di bengkel otomotif akan berkurang.

 

Renwarin, Johanis. 2014. Pengaruh Pengetahuan Siswa Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kedisiplinan Dalam Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Bengkel Otomotif Kelas XII. 1, 2 dan 3 Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs. Solichin, S.T., M.Kes.(2) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T.