Hubungan Prestasi Prakerin dan Prestasi Praktikum Otomotif dengan Prestasi Uji Kompetensi Siswa Kelas XII TKR SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi

Saputra, D.R. 2013. Hubungan Prestasi Prakerin dan Prestasi Praktikum Otomotif dengan Prestasi Uji Kompetensi Siswa Kelas XII TKR SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. H. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., (2) Dr. Ir. Machfudz.

Kata Kunci : Prestasi Prakerin, Prestasi Praktikum Otomotif dan Prestasi Uji Kompetensi.

Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan bagian dari pendidikan sistem ganda yang bertujuan untuk mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki siswa terhadap pekerjaan yang sesungguhnya di industri. Kompetensi siswa dapat terus berkembang sesuai dengan keikutsertaan siswa selama proses pembelajaran praktikum baik di sekolah maupun di luar sekolah. Praktikum otomotif merupakan mata diklat praktikum produktif kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Di dalam praktikum otomotif terdapat tiga kompetensi keahlian yaitu praktikum Engine, praktikum Chasis, dan praktikum Kelistrikan Otomotif. Salah satu tujuan dilaksanakannya uji kompetensi untuk mengetahui kompetensi siswa telah memenuhi standar kompetensi atau belum. Uji kompetensi merupakan serangkaian kegiatan untuk menguji kompetensi atau kemampuan dan keterampilan dalam bentuk unjuk kerja sesuai bidangnya atau kompetensi keahliannya. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui seberapa besar hubungannya prakerin dan praktikum otomotif dengan prestasi uji kompetensi, karena dapat diketahui prakerin dan praktikum otomotif adalah pembelajaran yang menekankan pada penguasaan kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi dengan tujuan: (1) Mengetahui hubungan prestasi prakerin dengan prestasi uji kompetensi siswa, (2) Mengetahui hubungan prestasi praktikum otomotif dengan prestasi uji kompetensi siswa, (3) Mengetahui hubungan prestasi prakerin dan prestasi praktikum otomotif dengan prestasi uji kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas XII TKR SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Jumlah subjek penelitian dari TKR 1 dan TKR 2 sebanyak 65 siswa, pengambilan data yang digunakan metode dokumentasi.