Hubungan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Sarana Prasarana Sekolah dan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran dengan Prestasi pada Kompetensi Memperbaiki Kelistrikan Bodi Mobil Siswa Kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung

Penelitian ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pengetahuan kejuruan. Prestasi belajar merupakan gambaran mengenai pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau kebiasaan yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran dan berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama dan bersifat permanen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan sarana prasarana sekolah (X1) dan kompetensi guru (X2) dengan prestasi pada kompetensi memperbaiki kelistrikan bodi mobil (Y) siswa kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung. Penelitian ini tergolong penelitian expost fakto.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung yang berjumlah 172 siswa, sementara sampel yang diambil berjumlah 52 siswa dari populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji prasyarat dan uji hipotesis untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.

Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan: 1) ada Hubungan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Sarana Prasarana Sekolah dengan Prestasi pada Kompetensi Memperbaiki Kelistrikan Bodi Mobil Siswa Kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung, dengan nilai korelasi r1y sebesar 0,645. 2) ada Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dengan Prestasi pada Kompetensi Memperbaiki Kelistrikan Bodi Mobil Siswa Kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung. dengan nilai korelasi r2y sebesar 0,564. 3) ada Hubungan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Sarana Prasarana Sekolah dan Kompetensi Guru dengan Prestasi pada Kompetensi Memperbaiki Kelistrikan Bodi Mobil Siswa Kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung dengan nilai korelasi R sebesar 0,679.

 

Romadyansah, Arlingga. 2014. Hubungan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Sarana Prasarana Sekolah dan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran dengan Prestasi pada Kompetensi Memperbaiki Kelistrikan Bodi Mobil Siswa Kelas XI TKR SMK Sore Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd., (II) Drs. H. Agus Sholah, M.Pd.