Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Dan Hasil Praktek Kerja Industri Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang

Prasetya, Didit. 2013. Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Dan Hasil Praktek Kerja Industri Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd (II) Drs.Ir. Mustaman, M.Pd.

Kata Kunci : pengetahuan kewirausahaan, hasil praktek kerja industri, minat berwirausaha

Selain memberi bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan di sekolah, sekolah juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menimba ilmu melalui praktek kerja industri. Melalui pengetahuan kewirausahaan dan hasil praktek kerja industri diharapkan siswa memiliki minat untuk berwirausaha.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Mengetahui tentang pengetahuan kewirausahaan siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan , (2) mengetahui hasil praktek kerja industri siswa siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 12 Malang, (3) mengetahui minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 12 Malang, (4) mengetahui hubungan antara pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 12 Malang, (5) mengetahui hubungan antara hasil praktek kerja industri dengan minat berwirausaha siswa jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 12 Malang, (6) mengetahui hubungan antara pengetahuan kewirausahaan dan hasil praktek kerja industri dengan minat berwirausaha siswa jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang dilaksanakan pada siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 12 Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan metode proportional random sampling Pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang: (1) Siswa memiliki pengetahuan kewirausahaan tinggi, (2) siswa mengikuti hasil praktek kerja industri tinggi, (3) tingkat minat berwirausaha siswa tinggi , (4) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha, (5) ada hubungan yang signifikan antara hasil praktek kerja industri dengan minat berwirausaha, (6) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dan hasil praktek kerja industri dengan minat berwirausaha.